Sabtu, 23 April 2011

Cara membuat Referensi Repository

Repository merupakan suatu pustaka aplikasi pada  sistem operasi khusunya Unix, repository dibutuhkan untuk Sistem Operasi menginstall suatu aplikasi. Banyak server Online di internet yang menyediakan suatu server repository. misalnya repository UGM, kambing (UI) , UNDIP dll. ketika user akan menginstall suatu aplikasi maka salah satu cara nya adalah dengan menggunakan Repository, apabila memilih menggunakan repository maka user harus menetapkan referensi repository terlebih dahulu.
  > pastikan sudah login sebagai super user
      $pfexec su -







> lakukan list Repository yang ada saat ini
    #pkg  publisher
perintah ini digunakan untuk melakukan list pada rujukan repository saat yang ada, secara default masih merujuk pada htp://pkg.oracle.com/solaris/release



> ubah referensi repository
   #pkg set-publisher -P -O http://10.7.22.5 solaris

Option set-publisher digunakan untuk mengeset referensi repository, sedang sub option -P digunakan untuk mengeset repositorynya menjadi prioritas dikarenakan bisa ada lebih dari satu rujukan repository, -O digunakan sebagai Original maksutnya link ini original alias bukan mirror, http://10.14.202.35 merupakan alamat tujuan dan solaris merupakan nama yang kita set untuk repo ini.
kemdian list lembali repository nya.
    #pkg  publisher
 maka referensi repository akan merujuk pada http://10.7.22.5:10000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar