Minggu, 03 April 2011

Cara Mudah Menggunakan Samba Di Ubuntu


Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows.
cara install samba ada banyak versi, mulai dari versi yang susah sampai versi yang paling gampang yaitu yang menggunakan GUI (Graphical User Interface). atau cara yang lebih gampang lagi  kita cukup mendownload paketnya saja disini. kira-kira tanmpilannya seperti ini:

 di package timggal ketikkan samba

kemudian tinggal download tuh file .deb nya kalau udah di download tinggal double klik tuh file yang barusan kita download.

nah nanti akan melakukan proses instalasi otomatis, pastikan iinstalasi berjalan dengan baik dan sukses.
apabila berhasil kita sudah dapat melakukan sharing file caranya kilik kanan pada folder yang akan di share kemudian pilih sharing option maka akan muncul jendela:
isi share nama dengan nama folder yang akan ditampilkan pada saat share, kemudian checklist pilihan Allow others to create and.... apabila user lain diperbolehkan untuk mengedit-edit direktori ini. kemudian checklist Guest access apabila sharing yang anda lakukan tidak memerlukan autentifikasi user (pubic share).
jika sudah maka folder yang kita share sudah berubah tanda menjadi :
maka folder kita sudah bisa diakses oleh jaringan. Semoga membantu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar